Rekonsiliasi

Allah mengetahui bahwa di dalam perjalanan iman, kita dapat jatuh di dalam dosa. Maka Ia menganugerahkan Sakramen Pengakuan Dosa / Rekonsiliasi pada kita, karena Allah selalu siap sedia untuk mengangkat kita dan mengembalikan kita ke dalam persekutuan dengan Dia.

Di dalam sakramen ini kita mengakukan dosa kita di hadapan imam, karena Yesus telah memberi kuasa kepada para imam-Nya untuk melepaskan umat-Nya dari dosa. Setelah kebangkitan-Nya, Yesus berkata kepada para rasul-Nya, “Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada” (Yoh. 20:22-23). Melalui Sakramen Rekonsiliasi ini kita menerima pengampunan dosa dari Tuhan dan juga rahmat-Nya, yang membantu kita untuk menolak dosa di waktu yang akan datang.

Sumber: Panduan Pelaksanaan Administrasi Paroki, KAJ 2016

 

Belum ada jadwal rutin untuk penerimaan Sakramen Rekonsiliasi. Jadwal penerimaan sementara diadakan pada Masa Prapaskah dan Masa Adven. Diluar kedua jadwal tersebut, umat dapat membuat janji khusus dengan Romo Paroki.