Komuni Pertama

Komuni Pertama2021-08-16T14:58:30+07:00

Komuni Pertama

Sakramen Ekaristi berasal dari Yesus sendiri. Dalam Perjamuan Terakhir bersama para murid, Yesus mengucapkan syukur dan memberikan pesan-Nya: “Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi kenangan akan Aku.” Ia juga berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru oleh Darah-Ku, yang ditumpahkan bagimu.” Ia juga memberikan perintah untuk melakukan hal itu sebagai kenangan akan diri-Nya: “Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Daku.

Perjamuan Tuhan diteruskan oleh Gereja dalam perjamuan Ekaristi. Perjamuan Ekaristi adalah peringatan syukur untuk mengenangkan dan sekaligus menghadirkan kembali Yesus yang mempersembahkan diri-Nya dalam kematian di salib demi keselamatan manusia, sesuai dengan perintah Yesus.

Melalui Ekaristi, kita mengambil bagian dari Tubuh dan Darah Yesus Kristus (Komuni Suci) serta turut dalam pengorbanan diri-Nya. Roti dan anggur ditransformasikan menjadi Tubuh dan Darah Kristus. Perubahan ini disebut transubstansiasi. Hanya Uskup atau Imam yang dapat menjadi pelayan Sakramen Ekaristi, dengan bertindak selaku pribadi Kristus sendiri (in persona Christi).

Untuk dapat menerima sakramen ini, sebagai salah satu dari tiga sakramen inisiasi makan orang yang akan menerima Sakramen Ekaristi untuk pertama kali perlu dipersiapkan sebaik-baiknya. Komuni Pertama merupakan perayaan penerimaan Sakramen Ekaristi untuk pertama kali. Penerimaan Komuni Pertama sebaiknya sebelum menerima Sakramen Penguatan.

Sumber: Panduan Pelaksanaan Administrasi Paroki, KAJ 2016

Agenda Komuni Pertama 2020

Pendaftaran  Mulai 8 Agustus 2021
Penutupan Pendaftaran  30 Agustus 2021 (tidak menerima pendaftaran susulan)
Pertemuan Pertama   4 September 2021
Sosialisasi untuk Orang Tua
Photo Session
Ekaristi & Liturgi
Latihan Pengakuan Dosa
Rekoleksi anak (wajib)
Rekoleksi kedua orang tua (wajib)
Gladi Kotor
Gladi Bersih
Pengakuan Dosa
Penerimaan Komuni Pertama
  1. Pembayaran terakhir Dana Partisipasi DD-MM-YYYY
  2. Mohon dimengerti jika ada perubahan jadwal, menyangkut jadwal yang berhubungan dengan kegiatan yang perlu keterlibatan Romo.
  3. Jika ada perubahan jadwal akan disampaikan segera, untuk mengatur waktu / jadwal orang tua.

Kontak

Ketua Katarina Sri Wahyuni

Download

Brosur
Buku Panduan
Agenda Komper 2021
Form B – Pendaftaran Komuni Pertama

Silahkan Download formulir di atas.
Formulir bisa langsung diisi kemudian di print.

Video