Talk Show tentang Bunda Maria di Wilayah 14

  Berita Lingkungan > Berita Utama

Pertemuan bulan Maria kali ini di Wilayah 14 Paroki Pulo Gebang, tampak berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya. Biasanya pertemuan bulan Maria, diisi dengan Doa Rosario dan atau dilanjutkan dengan Doa Novena Tiga Salam Maria. Namun pertemuan kali ini, tepatnya pada tanggal 11 Mei 2019 di rumah Ibu Indah Naruli Metland Menteng, diisi dengan Talk Show tentang Bunda Maria, dengan nara sumber Romo Aloysius Susilo Wijoyo, Pr.

Acara ini digagas oleh pengurus Lingkungan Sta. Stefani Wilayah 14, yang kemudian timbul ide untuk membuat acara ini menjadi acara wilayah, dengan mengundang umat lingkungan lain di Wilayah 14, yaitu Lingkungan Sta. Angela dan Sta. Lucia.

Umat yang hadir berjumlah 52 orang, yang terdiri dari 12 orang dari Lingkungan Sta. Lucia, 12 orang dari Lingkungan Sta. Angela dan 28 orang dari Lingkungan Sta. Stefani.

Lebih kurang pukul 7 malam, umat mulai berdatangan. Awal mulanya, umat menduga, acara tersebut adalah ibadat yang akan dipimpin oleh Romo Susilo Wijoyo. Namun diawal acara, umat yang datang langsung dipersilahkan untuk menyantap makanan dan aneka jajan pasar. Umat mulai merasakan suatu acara yang beda dari biasanya. Meja untuk ibadat, yang awalnya sudah disusun rapi oleh tuan rumah, oleh Sie Acara digeser ke ujung, menjauh dari umat, kemudian digantikan dengan 3 buah kursi, seperti sebuah studio dalam acara Talk Show Profesional. Beberapa umat mulai bertanya-tanya, acara apa yang akan diikuti? Mau ibadat, tapi diawali dengan makan malam. Meja ibadat, dipindahkan juga.

Usai makan malam, tepatnya pukul 19:30, acarapun dibuka oleh Prajogi Sadikin, yang akrab dipanggil Pak Yogi, sebagai pembawa acara. Diawali dengan lagu pujian dan doa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Wilayah 14, Nicodemus Herman. Tidak ketinggalan, sebuah motivasi dari Motorvator Lingkungan Stefani, Yoriko Aprilianto, yang juga memberikan sebuah quiz berhadiah khusus untuk anak-anak. Quiz tersebut adalah untuk anak yang berani memimpin sebuah doa untuk Bunda. Tampak dengan berani, seorang anak bernama Renatha Anabel memimpin doa untuk Bunda.

Sesaat kemudian, acara intipun dimulai. Pembawa acara mengundang Hendri Arkhyanta, sebagai moderator acara. Sungguh tampak tidak berbeda dengan Talk Show di TV swasta Nasional, pembahasan, informasi dan tanya-jawab tentang Bunda Maria, disampaikan dengan sangat jelas oleh Romo Susilo dan beberapa kali diwarnai dengan canda tawa bersama umat yang hadir.

Acara di Wilayah 14 kali ini sungguh luar biasa. Umat semakin mengetahui tentang Bunda Maria, yang diperoleh dari nara sumber yang kredibel. Salah satu pertanyaan dari umat yaitu “mengapa disebut Bulan Maria, Bulan Rosario dan kapan? Mei atau Oktober? Dengan sangat jelas Romo memberikan informasi tentang sejarah Bulan Maria dan Bulan Rosario. Sebagian penjelasan Romo ada di video berikut :

Kemudian acara ditutup dengan doa, yang dibawakan oleh Maria Caroline Wiyono, selaku DPH Pendamping Wilayah 14, yang kebetulan juga tinggal di Lingkungan Sta. Stefani.

Umat yang hadir sangat puas dengan acara ini karena menambah pengetahuan dan lebih mengenal Bunda Maria. Semoga acara-acara sejenis dapat diadakan lagi.
Bravo Wilayah 14 !!!

-Dion S-