MINGGU, 7 Mei 2023

HARI MINGGU PASKAH V

Jalan Kebenaran dan Kehidupan

Ibu, Bapak, Teman-teman muda dan Adik-adik yang terkasih. Dalam kehidupan kita, pernahkah kita merasakan cemas, takut, gelisah, galau, atau semacam perasaan yang membuat kita tidak tenang? Ketika kita merasakan pengalaman tersebut pasti kita mencari berbagai cara untuk menenangkan diri kita. Entah itu, berdiam diri mencari ketenangan, mencari aktifitas lain yang dapat menghibur diri kita atau mencari orang terdekat untuk bercerita baik kepada orang tua, keluarga, teman, ataupun orang-orang yang membuat kita nyaman untuk bercerita kepada mereka. Dalam Bacaan ini sebetulnya Yesus menawarkan diri-Nya sebagai tempat bagi semua orang datang kepada-Nya untuk berserah, berpasrah dan mengandalkan-Nya.

Bacaan Injil pada hari ini memberikan suatu dinamika yang menarik. Pada ayat pertama dituliskan bahwa Yesus berkata “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku”. Tentu saja perkataan ini menarik hati orang untuk mau datang kepada Yesus. Yesus juga memberikan suatu penegasan kembali, “Akulah kebenaran dan hidup.” Disinilah kita semakin ditegaskan bahwa ketika kita berserah, berpasrah, dan mengandalkan Allah, kita diarahkan kepada jalan kebenaran dan kehidupan. Sehingga ketika kita mendapatkan jalan kebenaran, kita semua senantiasa diberkati dengan pengalaman-pengalaman yang dapat menumbuhkan iman kita dan semakin mendapatkan kebenaran Kristiani. (Fr.Ar)

BACAAN MINGGU INI

BACAAN I

Kis 6:1-7

Kis 6:1 Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari.
Kis 6:2 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.
Kis 6:3 Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
Kis 6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
Kis 6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.
Kis 6:6 Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.
Kis 6:7 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

Bacaan II

1 Ptr 2:4-8

1Ptr 2:4 Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.
1Ptr 2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.
1Ptr 2:6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan."
1Ptr 2:7 Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya: "Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan."
1Ptr 2:8 Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan.
1Ptr 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Bacaan Injil

Yoh 14:1-12

Yoh 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
Yoh 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Yoh 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
Yoh 14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
Yoh 14:5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"
Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yoh 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."
Yoh 14:8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."
Yoh 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
Yoh 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
Yoh 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Yoh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

JADWAL MISA

Misa Harian:
Senin - Jumat, pkl. 05.30
Misa Jumat Pertama & Adorasi Sakramen Mahakudus:
Jumat, pkl. 19.00 (misa harian pagi ditiadakan)
Misa Mingguan :
Sabtu : pkl. 17.00
Minggu : pkl. 06.30 | 09.00 | 17.00

BERITA SEKRETARIAT

  1. Surat Baptis tanggal 19 Maret 2023 sudah dapat diambil di Sekretariat Paroki.

PENGUMUMAN PERKAWINAN

Pengumuman I

  1. Sdr. Yohanes Hot Parulian Christianto Tinambunan (St. Martinus de Porres) dengan Sdri. Riselly Simanjuntak (Jakarta)

Pengumuman II

  1. Sdri. Maria Felicia Lumunon (St.Kornelius) dengan Sdr. Arnel Elizar Macaisa (Filipina).
  2. Sdr. Paulus Nugroho Indra Jaya (St. Kristoforus) dengan Sdri.Paula Paulina Rikka Sulating (Gereja St. Afonsus Rodriguez Paroki Pademangan).
  3. Sdr. Hendrikus Andrian Dicky (Sta. Monika) dengan Sdri.Priscilia Brigita Lasapu (Gereja Sta. Anna Paroki Duren Sawit)

Pengumuman III

  1. Sdr. Nikolas Yovan Suryono (St. Antonius) dengan Sdri. Feny Pangestu (Jakarta).
  2. Sdr. Fransiskus Xaverius Willy Yonathan JEO (Sta. Brigitta) dengan Sdri. Poly Damayanti (Jakarta).
  3. Sdr. Kristo Antonius Pagu (St. Mikael) dengan Sdri. Rovina Avila (Paroki anto Yoseph Matraman)

TAHUKAH KAMU?

  1. Devosi mengkhususkan bulan Mei sebagai bulan Maria diperkenalkan sejak akhir abad ke-13. Namun baru menjadi populer di kalangan para Jesuit di Roma pada sekitar tahun 1700-an, dan baru kemudian menyebar ke seluruh Gereja.
  2. Pada tahun 1809, Paus Pius VII ditangkap oleh para serdadu Napoleon, dan dipenjara. Di dalam penjara, Paus memohon dukungan doa Bunda Maria, agar ia dapat dibebaskan dari penjara. Paus berjanji bahwa jika ia dibebaskan, maka ia akan mendedikasikan perayaan untuk menghormati Bunda Maria. Lima tahun kemudian, pada tanggal 24 Mei, Bapa Paus dibebaskan, dan ia dapat kembali ke Roma. Tahun berikutnya ia mengumumkan hari perayaan Bunda Maria, Penolong umat Kristen. Demikianlah devosi kepada Bunda Maria semakin dikenal, dan ketika Paus Pius IX mengumumkan dogma “Immaculate Conception/ Bunda Maria yang dikandung tidak bernoda” pada 1854.
  3. Paus Paulus VI dalam surat ensikliknya, the Month of Mary mengatakan bulan Mei adalah kesempatan untuk “penghormatan iman dan kasih  ang diberikan oleh umat Katolik di setiap bagian dunia kepada Sang Ratu Surga. Sepanjang bulan ini, umat Kristen, baik di gereja maupun secara pribadi di rumah, mempersembahkan penghormatan dan doa dengan penuh kasih kepada Maria dari hati mereka. Pada bulan ini, rahmat Tuhan turun atas kita dalam kelimpahan.” (Paus Paulus VI, the Month of May, 1)Ref. https://www.katolisitas.org/mei-dan-oktober-sebagai-bulan-maria/

KALENDER LITURGI

Kalender Liturgi
Minggu Paskah V

Senin, 8 Mei
Hari biasa Pekan V Paskah (putih)
Kis. 14:5-18: Mzm.115:1-2,3-4,15-16;
Yoh. 14:21-26

Selasa, 9 Mei
Hari biasa Pekan V Paskah
Kis.14:19-28-Mzm.145:10-11,12-13b,21;
Yoh. 14:27-31a

Rabu, 10 Mei
Yohanes dari Avila (putih)
Kis. 15:1-6: Mzm.
122:1-2,3-4a,4b-5; Yoh15:1-8

Kamis, 11 Mei
Hari biasa Pekan V Paskah (putih)
Kis. 15:7-21. Mzm 96:1-2a,2b-3,10;
Yoh.15•9-11

Jumat, 12 Mei
Nereus, Akhilleus, Pankrasius (putih)
Kis. 15:22-31: Mzm.
57:8-9.10-12. Yoh.15:12-17

Sabtu, 13 Mei
Santa Perawan Maria drFatima (putih)
Kis. 16:1-10; Mzm.100:1-2,3,5;
Yoh.15:18-21

Minggu, 14 Mei
HARI MINGGU PASKAH VI
Kis. 8:5-8,14-17; Mzm.66:1-3a,4-5,6-7a,16,20; 1Ptr. 3:15-18;
Yoh. 14:15-21.

PERSEMBAHANKU

Rekening Kolekte ke-1
BCA 419‐302‐7981 (PGDP Santo Gabriel)

Rekening Kolekte ke-2/Pemeliharaan Kompleks Gereja
BCA 093‐303‐3349 (PGDP Santo Gabriel)

JADWAL PETUGAS PELAYAN LITURGI

Hari Pkl Penyambut Jemaat Kor Dirigen Organis Lektor / Pemazur Keterangan
Sabtu, 6 Mei 17:00 WK Yosep St. Simon & Sta. Katarina Frans Heri Anna Rindi & Aginta
Cella
HARI MINGGU PASKAH V
Minggu, 7 Mei 06:30 Sta. Helena Wil 3 Wil 12 Mia Mathilda Dama & Sabrina
Vanessa
09:00 Sta. Caecilia Wil 6 ASAK ASAK Anna jati Dina & Jovita
ASAK
17:00 Sta. Elisabeth Wil 16 Wil 5 Sutriantoro Ivo Evy & Mulyana
Bagus
Sabtu, 13 Mei 17:00 St. Aloysius Gonzaga Wil 4 St. Mikael Darti Marsia Isti & Getruidis
Ratna
Frans S
HARI MINGGU PASKAH VI
Minggu, 14 Mei 06:30 St. Kornelius Wil 1 St. Martinus DP & St. Vincentius Mondang Kristi Dian & Vinsensa
Tina
09:00 St. Paulus Wil 6 Wil 18 Erick Joshua Ratna & Emilia H
Astrid
17:00 Sta. Anna Wil 13 Sta. Margaretha & Sta. Helena Frans Heri Shelly Nggoli & Devy AS
James K

PENGUMUMAN PAROKI

PIC Iklan UMKM & LoKer: Clarisa (0899-9045-505) ; Ino (0899-9703-622)

POJOK UMAT

S P A C E A V A I L A B L E
Kesempatan untukmu menawarkan Produk UMKM &
Iklan Lowongan Pekerjaan demi Kesejahteraan Bersama