Paroki Pulogebang melantik 79 pelayan komuni atau biasa dikenal dengan sebutan prodiakon pada Sabtu (18/1/2020). Pelantikan yang digelar dalam misa pukul 17.00 WIB ini dipimpin oleh Pastor Kepala Paroki Pulogebang Romo Aloysius Susilo Wijoyo,Pr. “Hari ini istimewa karena 79 prodiakon akan dilantik sebagai para pelayan komuni baik di gereja, lingkungan dan wilayah. Prodiakon juga melayani umat yang membutuhkan, misalnya mengantar komuni bagi yang sakit sampai dengan memimpin peribadatan kematian dan kremasi,” ungkap Romo Susilo dalam pengantarnya.

Romo Susilo juga mengungkapkan bahwa menjadi pelayan harus siap berkorban. “Menjadi pelayan harus siap berkorban baik waktu, tenaga bahkan financial, tidak berbeban, mengeluh dan bersungut-sungut karena syarat melayani adalah merendahkan diri dan mengistimewakan orang lain. Seperti Yesus datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani. Semoga selalu semangat menjalankan panggilan pelayanan dengan penuh cinta dan setia,”imbuhnya.

Setelah homili, para prodiakon maju di depan altar dan menyatakan Janji Prodiakon kemudian Romo Susilo memberi berkat kemudian memerciki air suci. Romo Susilo juga menyematkan Samir secara simbolis kepada 2 wakil prodiakon tertua dan termuda sebagai tanda siap melayani umat.

Para prodiakon sebelumnya telah mendapatkan pembekalan pada Selasa dan Rabu (14 & 15 Jan 2020) agar benar-benar siap untuk melayani umat. Pembekalan diberikan langsung oleh Pastor Kepala Paroki Pulogebang Romo Aloysius Susilo Wijoyo, Pr tentang spiritualitas sebagai prodiakon dan pada hari kedua oleh tim prodiakon senior tentang pengenalan peralatan dan perlengkapan liturgi termasuk busana liturgi, tata gerak dalam misa dan mempraktekkan di dalam gereja.

(DenyK)

Photo Gallery

Silahkan klik gambar untuk melihat lebih banyak photo lagi