Lima Lingkungan Kompak, Natal Bersama Wilayah II Sukses

  Berita Lingkungan > Berita Utama

PULOGEBANG – Untuk pertama kali sejak terbentuknya wilayah 2 Paroki Pulogebang, umat di wilayah ini mengadakan Natal Bersama. Lebih dari 200 orang hadir dalam perayaan dan ibadat natal yang dipimpin oleh RD A. Susilo Wijoyo, Sabtu 13 Januari silam di GKP Lt. 2. Berbagai acara yang lahir dari kreatifitas umat di lima lingkungan yakni Agustinus, Albertus, Alfonsus, Mikael dan Maria, ditampilkan dalam acara itu. Pun, setumpuk kado milik umat saling ditukarkan satu sama lain dalam suasana penuh sukacita.

Romo Susilo dalam homili pada perayaan yang mengangkat tema ‘Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu’ itu mengatakan, sekalipun dalam kalender liturgi masa Natal sudah lewat namun merayakan kelahiran Yesus Kristus tidak hanya pada perayaan Natal saja.

“Semangat Natal selayaknya selalu mewarnai kehidupan kita setiap hari. Jadi tidak hanya pada saat Natal saja kita merayakan kelahiran Yesus Kristus,” ungkapnya.

Ibadat berlangsung sekira 30 menit dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Natal Bersama Wilayah II, Yohanes Deny Kus Indarto yang juga adalah ketua lingkungan Santo Mikael. Dalam sambutannya, Deny mengucapkan terima kasih kepada romo yang sudah bersedia hadir serta kepada seluruh umat di wilayah 2 yang dengan sukacita datang untuk merayakan Natal bersama wilayah ini.

“Saya juga berterimakasih kepada semua ketua lingkungan di wilayah 2 yang meskipun dalam tim yang kecil namun kerjasama dan kekompakan diantara kami hingga acara ini dapat terselenggara dan umat dengan antusias hadir bersama-sama di sini.”

Sementara itu, Koordinator Wilayah II Ignatius T. Honggo Boediono pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Romo Susilo dan panitia serta umat lima lingkungan yang hadir. Kegiatan ini tidak akan terlaksana jika tidak didukung oleh kerjasama yang solid antara semua ketua lingkungan di wilayah itu.

Dalam kesempatan itu, bersama-sama dengan Romo Susilo, Wilayah 2 meluncurkan dimulainya program Koin Kasih sebagai sebuah gerakan bela rasa umat di wilayah itu. Setiap kepala keluarga mendapatkan sebuah celengan untuk diisi dengan koin selama periode Januari – Juni 2018. Kelak, dana yang terkumpul akan dipergunakan untuk aktifitas sosial yang akan disesuaikan dengan prioritas kebutuhan nantinya. Secara simbolik, Romo Susilo menyerahkan celengan kepada lima ketua lingkungan.

Pada bagian lanjutan acara itu, lima lingkungan menampilkan ragam acara hiburan, mulai dari pertunjukan nyanyi oleh anak-anak usia sekolah minggu dari Lingkungan Santo Mikael, Tari Pendet  dan Gemu Famire dari Santo Albertus, Paduan Suara dari umat di rumah susun Pulogebang – Lingkungan Santo Mikael, Tarian Alusi Au dari Santa Maria dan Akustik OMK dan Tarian Tobelo dari Lingkungan Santo Alfonsus.

Semua larut dalam sukacita kebersaman di tingkat wilayah itu. Anton Asan Nama, salah satu umat yang hadir saat itu mengatakan, sebagai warga yang sudah lama tinggal di wilayah itu, baru kali ini ia menyaksikan dan mengalami sebuah kegiatan bersama lintas lingkungan yang dipersiapkan dengan baik dan sukses.

“Semua ketua lingkungan kompak dan saling mendukung satu sama lain. Kami umat menyaksikannya pun senang dan termotivasi melihat pada pengurus lingkungan saling bekerjasama dan solid. Kalau bisa, jangan hanya Natal bersama saja, paling tidak setahun dua kali wilayah mengadakan kegiatan bersama agar semangat persaudaraan di lingkungan pun dapat semakin luas menjalar ke semua lingkungan di dalam wilayah ini,” ungkapnya.

Sukacita umat semakin sempurna lantaran ada banyak doorprize yang dibagikan dalam acara itu. (Artikel: Ferdinand Lamak, Foto: Wilayah 2)