Mengenal Tuhan Yesus Lebih Dekat

  Berita > Berita Paroki

Berawal dari ajakan KAJ untuk ikut serta mensukseskan Pesparani Katolik Nasional II, maka Sie KKS dan Katekase St.Gabriel saling bekerja sama mengadakan kegiatan “Kita Mengenal Tuhan Yesus Lebih Dekat”. Sebenarnya kegiatan ini bertujuan untuk memilih calon anak dan remaja di paroki St.Gabriel yang nantinya akan mewakili paroki St.Gabriel dalam ajang lomba Cerdas Cermat di KAJ.

Untuk menarik minat peserta, maka kegiatan ini dikemas dalam bentuk pengajaran yang menyenangkan, sehingga anak-anak yang ikut merasa nyaman dan enjoy.

Setelah dibuka pendaftaran dan flyer diinformasikan melalui WA grup yang ada di paroki, banyak umat yang mendaftarkan anaknya pada panitia. Apalagi setelah Panitia mengajak kerja sama SDK Sang Timur dan SD/SMP St.Yosef, jumlah pendaftar makin bertambah. Total pendaftar yang masuk berjumlah 35 anak ( 12 Remaja dan 23 anak-anak).

Sesuai dengan Kategori yang diadakan oleh KAJ, pendaftar dikelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu:

  1. Kategori Anak : umur 9 – 13 tahun
  2. Kategori Remaja : umur 14 – 16 tahun

Supaya fokus dalam pengajaran, anak-anak dibagi menjadi 4 kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 12 anak. Pengajaran dibagi menjadi 6x pertemuan mulai dari tanggal 3 Maret – 7 April 2019. Untuk memudahkan dalam proses pembelajaran, Romo A. Setya Gunawan membantu panitia dalam penyusunan soal-soal tentang Kitab Suci yang disesuaikan dengan kisi-kisi dari KAJ. Atas dasar itulah guru-guru pembimbing mengajar anak-anak pada tiap hari Minggu jam 11.00- 12.00 di Lt II GKP.

Materi pengajaran meliputi:

  1. Kitab Suci Perjanjian Lama ( Penciptaan, Dosa asal, Tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Cerita Nabi Nuh,Kisah Nabi dan Kisah Raja-raja)
  2. Kitab Suci Perjanjian Baru ( Mukizat Yesus, Perumpamaan, Kisah Sengsara Yesus, Surat-surat Paulus, Jemaat Perdana,Petrus & Paulus)
  3. Liturgi, Sakramen, Tata Perayaan Ekaristi, Peringatan Hari Raya
  4. Credo, 10 Perintah Allah, 5 Perintah Gereja, Tradisi Doa Katolik.
  5. Santo/Santa, Jalan Salib, Hirarki Gereja, Tokoh Gereja
  6. Doa Rosario, Doa Bapa Kami.

Mengingat  banyaknya materi yang harus diajarkan, maka evaluasi Cerdas Cermat  terpaksa dilaksanakan pada pertemuan ke 7, yaitu tanggal 14 April 2019. Panitia menyiapkan acara seperti lomba Cerdas Cermat di TV sebagai sarana  melakukan evaluasi. Ternyata dengan cara tersebut anak-anak menjalaninya dengan antusias sehingga acara berlangsung dengan seru. Cara ini juga  mampu memompa semangat anak-anak, walaupun ada beberapa yang tidak hadir karena berhalangan.

Untuk menilai kecerdasan anak, panitia sudah menyiapkan 3 tipe pertanyan,yaitu :

  1. Tipe Soal A. Tiap anak diberi pertanyaan secara  berurutan sesuai urutan masing-masing. Bila siswa bisa menjawab benar mendapat nilai 10,tetapi bila tidak bisa menjawab nilainya 0. Waktu yang diberikan 15menit.
  2. Tipe Soal B. Pertanyaan dibacakan dan siswa yang tercepat mengangkat bendera adalah yang berhak menjawabnya. Bila jawaban benar nilai 10 tapi bila salah nilai 0. Jawaban yang salah boleh dijawab oleh anak yang mengangkat bendera setelah anak pertama menjawab salah. Waktu yang diberikan 15 menit.
  3. Tipe Soal C. Mirip dengan tipe soal B hanya beda cara penilaian. Pada tipe ini bila siswa bisa menjawab benar nilai 10, tetapi bila salah nilai dikurangi 10. Waktu yang diberikan 10 menit.

Evaluasi berlangsung dengan seru karena masing-masing anak saling berebut untuk bisa mengangkat benderanya agar dapat kesempatan untuk menjawab. Disinilah peran moderator dan tim juri yang harus mengamati dengan benar, peserta yang mengangkat benderanya lebih dulu.

Dari hasil evaluasi, untuk pemenang kategori remaja adalah ;

Juara 1 Jose Adrian,

Juara 2 Stefanie Aurelia CHS

Juara 3 Benedicta Janice Claresta

Pemanang untuk kategori anak-anak adalah ;

Juara 1 Christina Anditi Laura Ine

Juara 2 Michelle Eirene Panjaitan

Juara 3 Cantika koleta,  Ancila Thelia Larasati P dan Eilleen.

Juara 1 (pertama) dari masing-masing kategori akan mewakili Paroki St Gabriel untuk maju di tingkat KAJ.

Proficiat ya Nak!

Semoga terus semangat dalam belajar untuk mengikuti lomba-lomba berikutnya.

-Regina-