Merendahkan Diri dan Mengistimewakan Orang Lain.

  Berita Paroki > Berita Utama

Surat cinta panitia Paskah 2018

 

Salam Dalam Kasih Tuhan Yesus,

Berdasarkan agenda kegiatan tahun 2018 dari Dewan Paroki Gereja Santo Gabriel –Paroki Pulo Gebang, Wilayah IV dan III diberi kepercayaan dan tanggung jawab sebagai panitia dalam pelaksanaan kegiatan Paskah 2018.  Informasi tersebut disampaikan oleh Pendamping Wilayah IV kepada kami selaku Koordinator Wilayah IV pada triwulan terakhir 2017 dengan pesan agar diadakan pembentukan panitia secepat mungkin mengingat momen kegiatan liturgi umat Katolik yang sangat penting ini memerlukan persiapan, pemikiran serta tenaga yang memadai. Hal lain yang menjadi dasar percepatan pembentukan panitia Paskah adalah jarak antara kegiatan liturgi Natal – kegiatan Imlek – awal kegiatan liturgi Prapaskah sangat dekat sehingga harus diantisipasi secepat mungkin.

Berdasarkan mandat yang diberikan oleh Dewan Paroki, Koordinator Wilayah IV dan Wilayah III melakukan koordinasi yang intens terkait dengan rencana pembentukan panitia Paskah 2018 dimulai dari bulan Oktober 2017. Pada 27 November 2017 diadakan rapat perdana untuk pembentukan panitia yang dihadiri oleh Koordinator Wilayah III, IV dan para Kaling serta beberapa umat yang berpotensi untuk membantu kepanitiaan tersebut.

Sebelum mulai bekerja sebagai panitia Paskah 2018, kami semua mendapatkan kesempatan rekoleksi yang diberikan oleh Romo Susilo selaku Kepala Paroki St. Gabriel. Intinya kami dibekali mental untuk menjadi pelayan yang mau merendahkan diri dan mengistimewakan orang lain dalam pelayanan yang dilakukan. Dengan semangat tersebut kami mencoba melayani umat paroki kita dalam kegiatan Paskah 2018.

Tugas Panitia dimulai sejak awal masa Prapaskah yaitu Rabu Abu 14 Februari 2018 sampai dengan Hari Raya Pentakosta 10 Mei 2018 dengan semua kegiatan liturgi yang ada di dalamnya dan juga kegiatan non liturgi yang mendukung kebersamaan umat di Paroki Pulo Gebang. Adapun tema kegiatan Paskah 2018 mengikuti tema APP dari KAJ yaitu “Kita Bhinneka Kita Indonesia”, dan tema tersebut pula yang menjiwai seluruh kegiatan kepanitiaan Paskah 2018.

Dalam rencana kerja panitia Paskah ada 2 misi utama yang harus dicapai yaitu;

  1. Dalam hal penggalangan dana
  2. Dalam hal pelaksanaan liturgi terutama di Pekan Suci.

Dalam hal penggalangan dana, kami mulai dengan penyampaian amplop sumbangan umat, iklan-iklan majalah Diaga, partisipasi donatur dalam Giant Banner dan penjualan barang-barang dan makanan di depan gereja setiap Sabtu dan Minggu sehabis misa.

Sedangkan dalam hal pelaksanaan liturgi, terutama memasuki Pekan Suci yang sangat memerlukan peran serta semua panitia agar rangkaian perayaan Paskah, khususnya dalam Tri Hari Suci dapat berjalan dengan tertib, hikmat dan lancar.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai sejak Rabu Abu, kemudian selama Masa Prapaskah, lalu pengakuan dosa, Minggu Palma dan puncaknya pada Tri Hari Suci dan akhirnya ditutup pada Hari Raya Pentakosta dapat terlaksana dengan baik. Kami juga mengadakan lomba membuat dan menghias telur Paskah raksasa (Giant Egg) yang diikuti oleh hampir seluruh wilayah dan Sekolah Sang Timur. Serta pembagian goodie bag untuk kelompok Adiyuswo dan anak-anak yang dilaksanakan pada hari Paskah.

Puji dan syukur kepada Tuhan karena penyertaan dan kasihNya sehingga kami dapat menuntaskan tugas dan pelayanan kami sebagai panitia Paskah 2018. Tentu saja hal ini juga merupakan kerja keras dan kerja sama yang sangat solid dari seluruh panitia yang terlibat serta bimbingan dari para Romo juga Pendamping DPH yang selalu mensupport kami.

Ucapan terimakasih yang setulus-tulusnya juga kami sampaikan kepada seluruh donator baik pribadi maupun perusahaan dan seluruh umat yang ikut serta membantu sehingga perayaan Paskah 2018 dapat terlaksana dengan baik.

Kami juga memohon maaf apabila dalam tugas dan pelayanan kami masih terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan.

Semoga Tuhan Yesus selalu memberkati kita semua, Amin.

Salom,

Stefanus Fadjar

Ketua Panitia Paskah 2018