Kemarin, Paus Emeritus Benedict XVI Rayakan Ulang Tahun ke-91

  Berita Keuskupan > Berita Utama

VATIKAN – Sejak digantikan oleh Paus Fransiskus, kabar tentang Paus Emeritus Benedict XVI jarang terdengar. Namun tahukah Anda, Bapa Suci yang menggantikan Paus Yohanes Paulus II itu merayakan ulang tahunnya yang ke 91, kemarin, 16 April? Paus bernama lengkap Joseph Ratzinger ini, selama masa istirahatnya tinggal di Biara ‘Mater Ecclesia’ di Vatikan. Dalam sebuah video yang diunggah di www.vaticannews.va, tampak Paus Benedict XVI mendapat ucapan selamat dari para uskup dan kardinal di tempat dimana ia tinggal.

Hari kelahiran Joseph Ratzinger telah dilihat oleh beberapa orang sebagai tanda Penyelenggaraan Ilahi. Ia lahir pada Sabtu Suci, 16 April 1927. Tempat kelahirannya adalah Marktl-an-Inn, sebuah desa kecil yang ditempuh kurang dari satu jam berjalan kaki dari Altoetting, Kuil Maria yang paling penting di Bavaria, Jerman. Sementara itu, 1927 juga menjadi tahun dimana Charles Lindbergh menyelesaikan penerbangan solo pertama ke seberang Atlantik. Dan, Paus di Roma saat itu adalah Pius XI – penerus Paus Benediktus XV.

Joseph Ratzinger merayakan ulang tahunnya dalam jabatannya sebagai Paus Benedict XVI adalah ketika ia berusia 85 tahun. Perayaan dilakukan dengan Misa di Kapel Pauline, di  Vatikan. Saat itu tanggal 16 April 2012.

Berkaca pada kehidupannya yang panjang dan penting, dia mengklaim bahwa dia ‘menghadapi peregangan akhir’ dari perjalanan hidupnya. “Aku tidak tahu apa yang menungguku,” katanya. “Tapi aku tahu bahwa cahaya Tuhan ada di sana, bahwa Dia telah bangkit, bahwa terang-Nya lebih kuat dari semua kegelapan; bahwa kebaikan Tuhan lebih kuat daripada semua kejahatan di dunia ini. Dan ini membantu saya untuk terus percaya diri. Ini membantu kita untuk bergerak maju. ” 

Felice compleanno Papa Benedict! (Penulis: Ferdinand Lamak, Sumber: www.vaticannews.va)