Berkarya Dalam Pelayanan di Ajang Lomba Lektor (Dewasa)

  Berita > Berita Paroki > Berita Utama

Setelah menyelesaikan lomba lektor kategori anak dan remaja pada Minggu (22/9/19), tiba bagi panitia dari Seksi Liturgi-SubSeksi Lektor yang bekerjasama dengan Seksi KKS menggelar lomba lektor kategori Dewasa I dan Dewasa II pada Minggu (29/9/19). Lomba yang digelar di gereja St Gabriel Pulogebang dimulai pukul 11.30, dibuka oleh Ketua Seksi Liturgi Paroki Ibu Haryati, selanjutnya panitia membacakan tata tertib lomba. Peserta kategori Dewasa I (usia 18-35 tahun) berjumlah 22 peserta dan 14 peserta dari kategori Dewasa II (usia 36-50 tahun).
Satu persatu peserta sesuai nomor urut mendaraskan bacaan kitab suci yang sudah ditentukan di depan altar. Setelah semua peserta tampil, tiba saatnya para juri menentukan juaranya. Sangat sulit bagi umat awam mereka-reka siapakah dari 36 peserta yang akan keluar sebagai pemenang karena semua menampilkan yang terbaik.
Sementara 3 juri yang memang sudah menggeluti bidangnya dengan seksama menilai para peserta yaitu Bapak Hendra Prabawa (Pendamping Tim Liturgi Paroki Pulogebang), Ibu Veronica Andriani (Ninieq) (Trainer Lektor/Lektor Senior-Paroki Alam Sutera), Ibu Maria Christophora Judyana Maretty (Bendahara Komisi Liturgi Keuskupan Agung Jakarta sekaligus pencipta lagu liturgi untuk misa anak).Disela–sela menunggu pengumuman pemenang, salah satu juri yaitu Ibu Ninieq membagikan pengalamannya menjadi lektris yang baik diantaranya pengaturan nafas, kepekaan telinga, mengatur letak Kitab Suci, mengatur tempo dan intonasi serta ekspresi dalam membaca harus lebih diperhatikan.
Akhirnya terpilih pemenang lomba lektor Dewasa I :
Juara 1. J.C Febriyanto (Lingk. St Kristoforus – Wil 1)
Juara 2. Fransisca Rindi Antika (Lingk. St Verena – Wil 15)
Juara 3. Petronela Hilda Sare Gani (Lingk. St Paulus – Wil 6),
Pemenang lomba lektor kategori Dewasa II :
Juara 1. Sandra (Lingk. St Maria Fatimah – Wil 11)
Juara 2. A. Sunaryo  Madhadi (Lingk. St Natalia – Wil 15)
Juara 3. Wina Teresia (Lingk. Bartolomeus – Wil 1).
Ibu Fransiska Rindi (Bundciss) salah satu peserta menuturkan semangatnya mengikuti lomba ini yaitu mengasah talentanya dalam membaca Firman Tuhan supaya lebih baik lagi. “Saya siap berlomba kembali di periode mendatang dan mau mendaftar tim lektris untuk pelayanan di Gereja. Proficiat bagi para pemenang,” ungkapnya.
Ketua Subseksi Lektor Pak Mulyana mengutarakan tujuan dari lomba ini adalah mengajak umat berpartisipasi aktif dalam membaca Kitab Suci untuk menyemarakkan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN), mengenalkan komunitas para lektor di paroki nantinya menjaring calon lektor untuk Paroki Pulogebang.
FX.M.SG/Deny, foto : Rudi