Paroki Pulogebang Rawat Silaturahmi dengan Buka Puasa Bersama

  Berita > Berita Paroki > Berita Utama

Gereja Santo Gabriel Paroki Pulogebang kembali menggelar acara buka puasa bersama dengan mengundang umat muslim dari RT RW setempat, tokoh masyarakat, para ulama, Lurah Pulogebang, Camat Cakung, Polsek, Danramil, Ormas dan sejumlah elemen masyarakat.

Acara yang diselenggarakan oleh pengurus Gereja Santo Gabriel melalui Seksi HAAK (Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan) dan PPTB (Panitia Penggerak Tahun Berhikmat) bertempat di GKP lt. 3, Kamis (29/5) sore.


Pastor A. Susilo Wijoyo, Pr selaku Pastor Kepala Paroki menyambut gembira kebersamaan antara umat Katolik dan warga masyarakat. Pastor mengungkapkan bahwa buka puasa bersama ini telah diselenggarakan setiap tahun untuk menghormati umat muslim yang sedang berpuasa dan sebagai sarana silaturahmi untuk merawat kerukunan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sementara Acmad Salahuddin selaku Camat Cakung berterima kasih kepada pengurus Gereja Santo Gabriel yang mengadakan acara silaturahim ini. Beliau berharap acara seperti ini semakin mempererat persatuan antar agama, suku, ras dan golongan. Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan juga bisa tetap menjaga keutuhan dan persatuan Negara RI sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kesempatan itu, Ustadz H. Kosasih mengingatkan bahwa bulan suci Ramadhan menjadi saat yang istimewa untuk menjalin relasi antara Tuhan dan sesama. “Di bulan suci ini, kita diharapkan membawa kebaikan dengan menjalin silaturahmi yang artinya menyambut kasih sayang kepada sesama karena bulan suci ini penuh rachmat Allah,” pesannya. Ustadz juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan gereja Santo Gabriel. “Mudah-mudahan langkah gereja ini bisa dikembangkan terus, menjadi contoh menjaga keharmonisan dan keutuhan bangsa,” harapnya.

Setelah waktu berbuka tiba, umat muslim dipersilakan membatalkan puasa dengan mengambil takjil yang telah disediakan, kemudian melanjutkan sholat bersama di GKP Lt 2. Setelah Sholat, umat melanjutkan acara ramah tamah dan makan bersama.Acara buka bersama ini dihadiri sekitar 80 umat muslim setempat bahkan Lurah Pulogebang. Ditemui disela-sela acara, Pak Mahpuz MZ, selaku Lurah Pulogebang terkesan dengan acara ini. “Kami senang ada kegiatan seperti ini. Semoga bisa dikembangkan juga pada kegiatan lain dan melibatkan masyarakat lebih luas agar terjalin terus tali silaturahmi antar umat beragama,” harapnya.

DenyKus