ADORASI EKARISTI MISIONER BERSAMA KELUARGA

(Berdoa Untuk Anak-anak & Remaja)

MINGGU KETIGA: 23 Januari 2021

“TUMBUH DALAM SEMANGAT BERKURBAN”

Disiarkan dari Paroki Pulo Gebang melalui Channel Youtube dan Facebook Paroki Pulo Gebang.

  1. LAGU PEMBUKA: (Lagu-lagu penyembahan/lagu-lagu Taize)

Imam/Pemimpin dapat mendupai Sakramen Mahakudus.

  1. TANDA SALIB

I Dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus

U Amin

I Rahmat dan damai Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus beserta kita.

U Sekarang dan selama-lamanya.

  1. PUJIAN PEMBUKA

I Terpujilah Engkau untuk selama-lamanya.

U Ya Yesus dalam Sakramen Mahakudus

I Salam ya Tuhan Yesus kristus yang hadir dalam Ekaristi Mahakudus.

U Engkaulah Roti yang turun dari surga, Engkaulah Roti yang memberi hidup.

I Salam ya Tuhan Yesus Kristus yang hadir dalam Perayaan Ekaristi.

U Engkaulah sumber yang memberi kelegaan bagi mereka yang kehausan.

I Salam ya Tubuh Kristus yang diserahkan bagi kami sebagai kurban. Salam ya Darah Kristus yang ditumpahkan untuk keselamatan kami.

U Engkaulah yang menebus kami dari segala dosa kami.

P Bersama seluruh malaikat dan semua orang kudus,

U Kami menyembah Engkau ya Tuhan yang hadir dalam Sakramen Mahakudus. Amin.

 

  1. DOA PEMBUKA

I Mari menimba air kehidupan

U Dari sumber-sumber keselamatan

I Marilah berdoa (hening sejenak)

Tuhan Yesus Kristus, dalam Sakramen Ekaristi yang luhur, Engkau mewariskan kepada kami, peringatan wafat dan kebangkitan-Mu. pada malam hari ini kami sekeluarga/sekomunitas berkumpul untuk memuji dan menghormati misteri Tubuh dan Darah-Mu yang kudus. Kami mempersembahkan semua anak dan remaja di seluruh dunia khususnya anak-remaja di keuskupan kami ini, agar mereka tetap tumbuh,  dan berkembang dalam semangat berkurban, merelakan segala sesuatu yang mereka sukai untuk diberikan kepada orang lain sebagai pemberian diri yang tulus kepada-Mu. Dan semoga kami semua senantiasa dapat menikmati hasil penebusan-Mu yang luhur. Sebab Engkaulah Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dalam persatuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.

U Amin.

  1. BACAAN KITAB SUCI: 9:2-3.11-14danMrk. 3:20-21(diambil dari bacaan liturgi harian)
  1. NYANYIAN TANGGAPAN SABDA

 

  1. RENUNGAN SINGKAT(bisa dibacakan renungan yang sudah disiapkan atau yang disiapkan oleh romo paroki)

Ibu, Bapak, rekan-rekan muda terkasih dan khususnya Anak dan Remaja yang sangat disayangi Tuhan Yesus

Di Kapernaum Yesus melayani orang orang yang datang ke rumah hingga makan pun mereka tidak dapat, bahkan keluarga Yesus hendak mengambil Dia dan menganggap Yesus sudah tidak waras lagi.

Demikianlah dicontohkan Yesus betapa pentingnya pelayanan bagi banyak orang yang membutuhkan pewartaan kabar keselamatan dan sangat sedikit yang mau berkurban untuk pekerjaan itu sehingga seringkali membuat seorang pewarta tampak sangat sibuk.

Dalam bacaan pertama dikatakan: “betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup”.

Masih sekitar pelayanan warta kabar sukacita, seorang pewarta khususnya para remaja missioner sangat membutuhkan kekuatan hidup melalui kurban Ekaristi Kudus, agar kehendak Tuhan terlaksana dalam melaksanakan tugas perutusanNya. Ekaristi lah sumber kekuatan dan penghiburan.

Teman-teman remaja missioner marilah dengan kekuatan kurban Ekaristi kita lebih berani ikut ambil bagian dalam karya pewartaan dan dengan semangat berkurban kita tumbuh semakin dewasa dalam iman.

 

  1. NYANYIAN YANG SESUAI:yang mendukung suasana doa di hadapan Sakramen Mahakudus
  1. SAAT HENING...(bisa diperdengarkan musik instrumentalia yang tenang yang mendukung suasana doa di hadapan Sakramen Mahakudus)
  • Pada saat hening setiap orang diperkenankan menyampaikan doa-doa pribadi kepada Tuhan yang hadir dalam Sakramen Mahakudus
  • Lama waktu hening 3-5 menit (dapat ditentukan sendiri sesuai kebutuhan)
  • Sesudah hening dapat ditutup dengan salah satu lagu penyembahan.
  1. DOA EKARISTI (didoakan secara bergantian)

I Tuhan Yesus Kristus, dalam Ekaristi yang Mahakudus, Engkau tinggal bersama kami. Apabila kami menanggapi undangan-Mu untuk selalu bersama-Mu, kami akan menghasilkan buah berlimpah, sebab Engkau bersabda: “Barang siapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak.”

U Kami mengucap syukur kepada-Mu Tuhan, sebab Ekaristi-Mu menjadi sumber dan kekuatan hidup kami khususnya bagi anak dan remaja kami. Dengan merayakan Ekaristi dan menyampaikan sembah sujud ke hadapan-Mu dalam Sakramen Mahakudus secara serint dan teratur, kami akan memperoleh sumber kekuatan bagi hidup, usaha dan pelayanan kami setiap hari.

I Engkaulah Sang Pokok Anggur, kami adalah ranting-rantingnya. Bantulah kami semua khususnya anak dan remaja kami menyadari bahwa kami tidak akan berarti dan usaha, kerja keras kami akan sia-sia jikalau kami berpisah dari-Mu, Pokok Anggur kami.

U Berilah kepada anak-anak, remaja dan  kami semua semangat kerendahan hati, ketulusan, kemurahan hati dan kejujuran dalam menjalankan tugas kami sehari-hari. Semoga kami dengan rela hati mau berkurban bagi sesama tanpa membedakan apapun latar belakang mereka. Dengan Ekaristi suci semoga kami semua dikobarkan dalam semangat berkurban yang penuh kasih terutama kepada saudara-saudari kami yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan yang berkebutuhan khusus sehingga mereka juga menikmati kebaikan kasih dan penghiburan dari-Mu sendiri.

I Anugerahilah kami ya Tuhan Yesus semangat kesederhanaan, kesetiaan, dan sikap tanpa pamrih dalam segala perkataan, perbuatan kami saat mengabdi dan melayani sesama kami.

U Semoga kami, Gereja-Mu, khususnya anak-anak dan remaja dapat menjadi teladan dalam semangat berkurban, melayani penuh kasih, tulus, dan murah hati.

I Jauhkanlah pula para pemimpin masyarakat kami dari sikap yang tamak-serakah, pongah dan sombong serta dari sikap yang tidak adil dan hanya mencari keuntungannya sendiri.

U Tuhan Yesus, Engkaulah seluruh harapan kami. Engkaulah masa depan anak-anak, remaja dan kami semua. Engkaulah Andalan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

  1. DOA PENYERAHAN  KELUARGA DIHADAPAN SAKRAMEN MAHAKUDUS

I Tuhan Yesus, Engkau menguduskan hidup berkeluarga dengan hidup-Mu sendiri dalam keluarga Santo Yusuf di Nazaret.

U Kami sekeluarga berkumpul dihadapan-Mu untuk membaharui penyerahan seluruh keluarga kami kepada-Mu, raja dan pusat segala hati. Kami mohon, tinggallah dirumah kami ini dan kuasailah kami. Semoga rumah kami merupakan pusat kehidupan kristiani, di mana                           kami mengasih Allah Bapa dengan segenap  hati   dalam   persaudaraan  dengan  Dikau,  Putera Allah dan gembala hati kami.

I Ya Yesus Kristus, semoga kami hidup menurut pedoman Injil-Mu, penuh sukacita, rukun-damai, bijaksana, sederhana, dengan saling mengasihi, dengan hormat-menghormati, tolong-menolong dengan senang hati.    Berilah supaya keramahan dan cinta kasih, semangat pengorbanan, ketekunan, kerajinan, dan kesehatan yang baik selalu berada dalam keluarga kami, khususnya kepada anak-remaja di dunia ini.

U Semoga anak-remaja dan keluarga kami dapat menjadi berkat bagi masyarakat, dan menjadi garam serta terang bagi keluarga-keluarga di sekitar kami, khususnya dalam situasi sulit ini.

I Berkatilah kami semua agar janganlah seorang diantara kami menjauh dari pada-Mu, satu-satunya sumber kebahagiaan kami. Dikau kami puji bersama Bapa dan Roh Kudus, sekarang dan selama-lamanya.

U Amin.

  1. Doa kepada Santa Maria Bunda Sakramen Mahakudus

 

I O Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus, kemuliaan orang-orang kristiani, sukacita seluruh Gereja, dan harapan seluruh dunia. Kami persembahkan dan berdoa untuk  anak-anak dan remaja di seluruh dunia, khususnya anak-anak dan remaja di keuskupan kami tercinta ini.

U Kobarkanlah semangat misioner: doa, derma, kurban dan kesaksian dalam diri  anak dan remaja kami,  serta semua orang beriman devosi yang hidup kepada Ekaristi Mahakudus, sehingga kami semua menjadi pantas untuk menerima Komuni Suci setiap hari.

P Doakanlah  kami ya Santa Perawan tak Bernoda, Bunda Sakramen Mahakudus,

U Agar Kerajaan Ekaristi Yesus Kristus tinggal diantara keluarga dan komunitas kami sepanjang masa. Amin..

  1. TANTUM ERGO (PS 558 atau 559)

Tantum ergo Sacramentum Veneremur certui.

Et antiquum documentum Novo cedat ritui.

Praestet fides supplementum Sensuum defectui.

Genutori, Genitoque, Laus et jubilatio.

Salus, honor, virtus queque; Sit et benedictio;

Procedenti ab utroque, Compar sit laudatio. Amen.

Atau

Sakramen seagung ini, kusembah dan kupuji.

Cara lama telah ganti telah diperbarui

Iman yang menolong budi, indra tak mencukupi

Yang berputra serta Putra, dipujilah bersama,

Dalam sembah dan kuasa, serta hormat pada-Nya,

Yang timbul dari dua-Nya, pujaan-Nya setara. Amen.

  1. DOA PENGHORMATAN KEPADA SAKRAMEN MAHAKUDUS

1     1                                                                            6

I : Engkau telah memberi kami roti surgawi

U : Yang mengandung segala kesegaran

I : Marilah Berdoa... (hening sejenak)

Tuhan Yesus Kristus, dalam Perayaan Ekaristi kami mengenangkan sengsara, wafat dan kebangkitan-Mu. Semoga ibadat pujian Sakramen Mahakudus ini, semakin membuat kami anggota keluarga khususnya anak-anak dan remaja serta komunitas kami sadar akan besarnya cinta-Mu, sehingga kami boleh mengalami keselamatan dan damai-Mu di bumi dan menikmati kebahagiaan abadi di surga. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dalam persekutuan Roh Kudus kini dan sepanjang masa.

U : Amin.

  1. BERKAT SAKRAMEN MAHAKUDUS

(Sesudah doa Penghormatan kepada Sakramen, imam memakai Velum dan memberi berkat Sakramen Mahakudus)

  1. DOA SESUDAH BERKAT SAKRAMEN MAHAKUDUS  (TERPUJILAH ALLAH)

 

I : Terpujilah Allah.

U : Terpujilah nama-Nya yang kudus

I : Terpujilah Yesus Kristus

U : Sungguh Allah, sungguh manusia

I : Terpujilah nama Yesus

U : Terpujilah hati-Nya yang mahakudus

I : Terpujilah Yesus Kristus

U : Terpujilah darah-Nya yang mahaindah

I : Terpujilah Yesus

U : dalam Sakramen Mahakudus.

I : Tepujilah Roh Kudus

U : Penghibur kita.

I : Terpujilah Bunda Allah yang tiada bandingnya,

U : Perawan Maria yang amat suci.

I : Terpujilah yang terkandung dengan suci,

U : dan tak bernoda.

I : Terpujilah nama Maria,

U : perawan dan bunda.

I : Terpujilah Bunda Maria,

U : yang diangkat ke surga dengan mulia.

I : Terpujilah Santo Yoseph

U : mempelainya yang amat suci.

I : Terpujilah Allah,

U : dalam para malaikat-Nya dan semua orang kudus. Amin.

  1. LAGU PENUTUP

 

TERIMA KASIH, TUHAN MEMBERKATI

SALAM MISIONER, BIR-SEKAMI- KKI KAJ