Asyiknya Bercerita Kitab Suci

  Berita > Berita Paroki

Berlangsung dalam 6x pertemuan,  mulai dari tanggal 3 Maret’ 2019  s/d tgl 7 April 2019,  20 anak di lingkup wilayah Paroki Pulogebang,  mengikuti kegiatan Tutur atau berlatih Bercerita Kitab Suci Versi Anak. Kegiatan ini merupakan kerjasama dari Seksi Kerasulan Kitab Suci dan Seksi Katekese, Gereja St Gabriel.

Di awal kegiatan,  peserta diberikan teori dasar tentang ‘bercerita’,  yaitu langkah-langkah memahami cerita, sampai dengan bagaimana menceritakannya kembali kepada penonton atau pendengarnya. Contoh praktek bercerita dari para pendamping,  maupun  tugas di kelas dan di rumah,  diberikan kepada peserta ,  untuk membantu mereka lebih memahami apa yang sudah disampaikan pendamping  sebelumnya.

Pada pertemuan yang ke-4, peserta berkesempatan untuk praktek bercerita langsung di depan teman-temannya,  dengan menggunakan alat peraga sederhana yang telah dipersiapkan dari rumah. Dari sini  tampak keseriusan mereka mengikuti program  ini,  karena masing-masing telah mempersiapkan diri dengan membuat sendiri alat peraganya sesuai pemahaman mereka dari cerita yang akan dibawakan.

Meningkat ke ketrampilan bercerita selanjutnya,  di pertemuan ke 5, peserta kembali tampil di hadapan teman dan para pendamping,  tetapi kali ini tanpa menggunakan alat peraga.  Kekuatan pengaturan suara,  ekspresi dan gerak tubuh lebih dominan berperan dalam penyampaian ceritanya.  Evaluasi bersama dari penampilan peserta juga dibahas kembali,  untuk arah perbaikan kemampuan dan ketrampilan masing-masing peserta.

Semua pemahaman teori,  latihan-latihn dan praktek baik yang dilakukan bersama di kelas maupun di rumah,  akhirnya diujikan dalam ‘ Lomba Tutur atau Bercerita KS’  di pertemuan terakhir,  tanggal 7 April 2019. Seluruh peserta dibagi dalam 3 kelompok,  masing-masing kelompok diambil 2  penampil terbaik, untuk kemudian dilombakan lagi di babak selanjutnya. Berbeda dengan penampilan mereka di praktek pertemuan-pertemuan sebelumnya,  anak-anak  cenderung tampil lebih rileks dan  lepas,  tanpa mengurangi keseriusan inti dari cerita Kitab Suci yang dibawakannya.

Seperti yang disampaikan oleh para pendamping yang hadir menyaksikan dan  mengikuti perkembangan anak-anak dari awal hingga akhir,  dan juga pengakuan dari anak-anak sendiri ketika membagikan pengalamannya saat mengikuti kegiatan ini,  ada rasa percaya diri yang terlihat bertumbuh,  semangat solidaritas yang terbangun dengan saling  memotivasi antar teman yang tampak masih ragu untuk tampil. Termasuk juga hal yang paling patut disyukuri, yaitu mereka menemukan pengalaman kegiatan baru bahwa membaca Kitab Suci ternyata sangat mengasyikkan!

Dari 6 penampil pada babak lanjutan,  terpilih 3 pemenang oleh tim penilai (dari pengajar Bina Iman Anak dan Bina Iman Remaja St. Gabriel ),  yaitu :

  1. Monica Verlyn Christyarini, Lingk. Stella Maris
  2. Caecillia Rona Uli, Lingk. Vincentius
  3. Giorgina Riany Kaslim,  Lingk. St. Angela

Pemenang I lomba ,  akan mewakili Paroki Pulogebang dalam ajang Lomba Tutur Kitab Suci Anak Tingkat KAJ,  dalam rangka Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani)  Katolik Nasional II. Proficiat bagi seluruh pemenang,  dan Selamat kepada seluruh peserta yg telah mengikuti dengan tekun dan penuh semangat kegiatan ini, sampai selesai.

Seperti anak-anak ini ,  mari mencintai SABDA,  dan dengan gembira mewartakannya.

-Iyun-